Keuntungan Dan Kerugian Serat Optik pengkabelan

Sekali waktu, seluruh dunia bergantung pada kabel tembaga dan kabel untuk sistem telekomunikasi. Melalui kabel tembaga dan kabel, penyedia layanan telekomunikasi memungkinkan orang untuk menjangkau tetangga mereka. Namun, sebagai teknologi menjadi lebih canggih, orang diberi sarana untuk berkomunikasi lebih cepat dengan cara yang melampaui batas-batas geografis. Sedangkan tembaga kawat dan kabel memungkinkan orang untuk berbicara dengan hanya tetangga mereka, kemajuan teknologi telah memungkinkan penyedia untuk menggunakan serat optik untuk membantu membawa orang lebih dekat. Sekarang, sangat mungkin bagi orang untuk terhubung dengan orang lain bahkan dari seberang benua.

Konsep serat optik tidak baru kepada dunia. Bahkan, pemasangan kabel serat optik telah tersedia selama beberapa dekade tapi itu disediakan terutama untuk komunikasi jarak jauh dan aplikasi terutama karena biaya. Penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun telah membuatnya menjadi lebih mudah bagi perusahaan untuk memproduksi serat optik dengan biaya yang efektif. Hal ini, pada gilirannya, membuat serat optik kabel relatif lebih terjangkau. Kapasitas serat optik juga telah diperluas dan dibuat lebih maju menggunakan penelitian yang sama dan pengembangan. Bahwa pernah kapasitas hanya satu panjang gelombang cahaya untuk melakukan perjalanan melalui itu, sekarang mungkin bagi setidaknya 160 panjang gelombang untuk melakukan perjalanan melalui semuanya sekaligus.

pemasangan kabel serat optik sekarang telah menjadi tulang punggung dari semua sistem telekomunikasi besar di seluruh negara-negara maju. Ada begitu banyak keuntungan untuk menggunakan kabel serat optik yang tidak akan lama sebelum kabel tembaga dan kabel itu akan dianggap usang. Salah satu keuntungan utama menggunakan serat optik di kabel adalah bahwa hal itu menyediakan keamanan tambahan. Sifat dielektrik serat optik membuat sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk mendeteksi sinyal yang ditransmisikan dalam kabel. Untuk dapat mendeteksi sinyal, Anda benar-benar harus mengakses serat optik itu sendiri. Karakteristik ini saja membuatnya ideal untuk digunakan di bank dan badan-badan pemerintah di mana keamanan selalu menjadi masalah. Keuntungan lainnya menggunakan serat optik adalah kecepatan yang memungkinkan data yang akan dikirimkan. Untuk alasan ini, menjadi alat vital antara penyedia layanan kesehatan. Melalui kabel serat optik, rumah sakit jauh dengan mudah dapat terhubung ke fasilitas kesehatan kota besar untuk membantu dalam diagnosis pasien yang dapat membantu menyelamatkan nyawa.

Selain telekomunikasi, serat optik teknologi juga digunakan untuk aplikasi daya fotonik. Kemajuan dalam teknologi serat optik ini juga memungkinkan serat optik untuk membawa daya hanya menggunakan lampu yang dapat digunakan untuk monitoring sistem pembangkit listrik.


By: Nadine Davis

0 komentar:

Posting Komentar

SAYA SANGAT SENANG APABILA ANDA MEMBERIKAN KOMENTAR, KRITIK SERTA SARANNYA.

TERIMA KASIH BANYAK BUAT PARA PEMBACA & PENGUNJUNG SETIA.

 
Copyright © 2012. My Blog . All Rights Reserved | Design by Herdiansyah | modify by My Blog | Mobile Version