Apa Itu Wifi ??


Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan local nirkabel(Wireless Local Area Networks- WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Hardware Wifi

  PCI
 
  PCI (kependekan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu dadpat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal[1]. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on). Wi-Fi dalam bentuk PCI

 USB
 
     Usb wifi Fungsinya adalah menangkap sinyal wifi dari pemancar wifi (access point). Dengan demikian komputer atau laptop dapat terkoneksi ke internet.

 PCMCIA

    PC Card merupakan pemendekan kata dari induk asosiasinya yaitu Personal Computer Memory Card International Association (PCMCIA) atau Asosiasi Internasional Kartu Memori PC yang dimaksud untuk memudahkan dibaca serta diingat. PC Card merupakan salah satu bentuk di antara kartu memori pertama yang dibuat pada tahun 1990-an dan setelah berkembang jenis dan modelnya, kini dipakai khusus sebagai perangkat koneksi pada notebook, misalnya sebagai modem untuk melakukan koneksi internet melalui frekuensi GSM atau CDMA, wireless card, dan lainnya.PC Card awalnya dirancang sebagai media penyimpan pada komputer (computer storage), akan tetapi keberadaannya kini media penyimpan itu mempunyai jenis yang bermacam-macam. Tipikal alatnya seperti network card, modem, dan hard disk. Jenis kartu ini juga digunakan untuk kamera digital SLR, seperti kodak seri dc 300. Fungsi awal kartu ini, yaitu sebagai media penyimpan, sudah jarang digunakan.

  compact flash wifi
    compact flash wifi adalah MODE AKSES KONEKSI WI-FI. Ada 2 mode akses koneksi Wi-fi, yaitu:  Ad-Hoc,  Infrastruktur 

Mode Akses Koneksi Wifi 

Ad-Hoc
                        Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer to Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point.

Infrastruktur 
                        Menggunakan access point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

Sistem Keamanan Wifi

Terdapat beberapa jenis pengaturan keamanan jaringan Wifi, antara lain:

WPA Pre-Shared Key
 
     WPA-PSK (Wi-Fi Protected Access – Pre Shared Key) adalah pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda WPA-PSK jika tidak ada authentikasi server yang digunakan. Dengan demikian access point dapat dijalankan dengan mode WPA  tanpa menggunakan bantuan komputer lain sebagai server. Cara mengkonfigurasikannya juga cukup sederhana. Perlu diketahui bahwa tidak semua access point akan mempunyai fasilitas yang sama dan tidak semua access point menggunakan cara yang sama dalam mendapatkan Shared-Key yang akan dibagikan ke client.Pada access point Dlink DWL-2000AP, pemberian Shared-Key dilakukan secara manual tanpa mengetahui algoritma apa yang digunakan. Keadaan ini berbanding terbalik dengan akses point Linksys WRT54G, dimana administrator dapat memilih dari dua algoritma WPA yang disediakan, yang terdiri dari algoritma TKIP atau algoritma AES.Setelah Shared-Key didapat, maka client yang akan bergabung dengan access point cukup memasukkan angka/kode yang diijinkan dan dikenal oleh access point. Prinsip kerja yang digunakan WPA-PSK sangat mirip dengan pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda Shared-Key.

* WPA2 Pre-Shared Key Mixed
 
     wpa2 merupakan level keamanan yang paling tinggi. enkripsi utama yang digunakan pada wpa2 ii yaitu enkripsi AES. AES mempunyai kerumitan yang lebih tinggi dari pada RC4 pada WEP sehingga para vendor tidak sekedar upgrade firmware seperti dari WEP ke WPA. untuk menggunakan WPA2 diperlukan hardware baru mampu bekerja dengan lebih cepat dan mendukung perhitungan yang dilakukan oleh WPA2. sehingga tidak semua adapter mendukung level keamanan WPA2 ini.

* WPA Radius

     mode keamana dan algoritma enkripsi pada WPA radius ini sama saja dengan WPA pre-shared key, tapi authentikasi yang digunakan berbeda. pada wpa radius ini menggunakan authentikasi 802.1x atau EAP ( extensible Authentication Pritocol ). EAP merupakan protokol layer 2 yang menggantikan PAP dan CHAP

* RADIUS
 
     RADIUS atau (Remote Authentication Dial-In User Service) adalah sebuah protokol keamanan komputer yang digunakan untuk melakukan autentikasi, otorisasi, dan pendaftaran akun pengguna secara terpusat untuk mengakses jaringan. RADIUS didefinisikan di dalam RFC 2865 dan RFC 2866, yang pada awalnya digunakan untuk melakukan autentikasi terhadap akses jaringan secara jarak jauh dengan menggunakan koneksi dial-up. RADIUS, kini telah diimplementasikan untuk melakukan autentikasi terhadap akses jaringan secara jarak jauh dengan menggunakan koneksi selain dial-up, seperti halnya Virtual Private Networking (VPN), access point nirkabel, switch Ethernet, dan perangkat lainnya.

*  WEP
 
    Shared Key atau WEP (Wired Equivalent Privacy) adalah suatu metoda pengamanan jaringan nirkabel, disebut juga dengan Shared Key Authentication. Shared Key Authentication adalah metoda otentikasi yang membutuhkan penggunaan WEP. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk autentikasi 


Kelebihan & Kelemahan Wifi :

Kelebihan Wifi 

*  Memungkinkan LAN untuk digunakan tanpa kabel, biasanya mengurangi biaya penyebaran jaringan dan ekspansi. Ruang di mana kabel tidak dapat dijalankan, seperti area outdoor dan bangunan bersejarah, dapat menggunakan LAN Wireless.
*  Harga Wi-Fi terus turun, membuat Wi-Fi merupakan pilihan yang sangat ekonomis mengenai jaringan
*  Produk Wi-Fi tersedia di pasar secara luas.
*  Wi-Fi jaringan dukungan roaming, di mana sebuah stasiun klien mobile seperti komputer laptop dapat berpindah dari satu jalur akses ke jalur akses yang lainnya
*  Wi-Fi adalah perangkat standar global. Tidak seperti operator selular, klien Wi-Fi yang sama bekerja di berbagai negara di seluruh dunia.
*  Tersebar Luas di lebih dari 250.000 tempat umum, jutaan rumah, perusahaan dan universitas di seluruh dunia.
*  Protokol baru untuk Kualitas Layanan (WMM) dan mekanisme power saving (WMM Power Save) membuat Wi-Fi lebih sesuai untuk aplikasi yang latency-sensitif (seperti suara dan video) dan perangkat kecil berbentuk-faktor.

Kelemahan Wifi 

* Penyaluran Gelombang dan keterbatasan operasional yang tidak konsisten di seluruh dunia.
*  Konsumsi Power yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan beberapa standar lainnya, membuat masa pakai baterai berkurang dan panas.
*  Jaringan WiFi memiliki rentang yang terbatas. Sebuah router WiFi rumah mungkin memiliki kisaran 45m (150ft) indoor dan 90 juta (300ft) di luar rumah.
* WiFi menggunakan spektrum 2.4GHz tanpa izin, dimana yang sering bertabrakan dengan perangkat lain seperti Bluetooth, oven microwave, telepon tanpa kabel, atau perangkat pengirim video, banyak lainnya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja.
*  Jalur akses dapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi dan rahasia ditransmisikan dari konsumen WiFi.
*  Intervensi pada jalur akses tertutup atau dienkripsi dengan jalur akses terbuka yang lainnya pada saluran yang sama atau dekat dapat mencegah akses ke jalur akses yang terbuka oleh orang lain di daerah tersebut. Ini menimbulkan masalah tinggi di daerah kepadatan tinggi seperti blok apartemen besar di mana banyak penduduk beroperasi poin akses WiFi.
*  Jalur akses gratis dapat digunakan oleh orang tak dikenal dan berbahaya untuk melakukan serangan yang akan sangat sulit untuk melacak di luar jalur akses pemilik.


7 komentar:

Fazri mengatakan...

wah lengkap ya info tentang wifi.. kalau ane sering pakai wifi tapi ga tau info tentang wifi.

SAGITA COM mengatakan...

Kalau router wifi yang bagus apa gan ?

Kumpulan Artikel mengatakan...

kalau saya sih bilang yang bagus iya router kaya gini :

Wireless router ADSL Modem BLUELINK AW-10
Wireless router ADSL Modem Prolink H5301G

soalnya ane pernah coba iya menurut ane sih lumayan lah . . .

rizal mengatakan...

saya mau nanya.
bagaimana caranya klau connect ke wifi tp biar gag ketahuan sama client lain.

Kumpulan Artikel mengatakan...

maksudnya kitanya yang nggak ketahuan apa jaringan wifinya yang nggak ketahuan ???

kalau kitanya mau nggak ketahuan hidden aja IP address kita. . . nanti saya akan coba buatkan tutorialnya . . .

Muhammad Fajar mengatakan...

Ditunggu artikel untuk hidden IP address... Sukses selalu sob...

Kumpulan Artikel mengatakan...

ok gan . . .

Poskan Komentar

SAYA SANGAT SENANG APABILA ANDA MEMBERIKAN KOMENTAR, KRITIK SERTA SARANNYA.

TERIMA KASIH BANYAK BUAT PARA PEMBACA & PENGUNJUNG SETIA.

 
Copyright © 2012. My Blog . All Rights Reserved | Design by Herdiansyah | modify by My Blog | Mobile Version